Broken Beach

Broken Beach
Bagikan ke teman Anda
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on linkedin
Share on email

Pasih Uug

Penduduk lokal menyebut lokasi ini dengan nama Pasih Uug yang berarti pantai rusak. Namun seiring berkembangnnya pariwisata dan supaya lebih mudah dikenali maka diberilah nama broken beach.

Menurut legenda penduduk pantai ini terbentuk karena adanya gempa yang menyebabkan tanah runtuh ke laut. Di bagian ujung yang berbatasan langsung dengan laut lepas tergerus oleh hantaman ombak sehigga membentuk lobang besar tempat keluar masuk air laut ke reruntuhan ini.

Lubang ini tampak seperti jembatan alami jika dilihat dari sisi yang berlawanan. Tidak heran kemudian banyak wisatawan menjadikan spot “jembatan” Broken Beach sebagai lokasi prewedding.

Photo from newlifeimage.com

Dimakah lokasi pantai Broken Beach?

Pantai Broken Beach berada di Dusun Sompang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida. Lokasi ini termasuk di kawasan barat pulau Nusa Penida. Jika Anda mengunjungi Broken Beach pasti juga akan mengunjungi Angel’s Billabong karena letak keduanya berdekatan dan hanya satu areal parkir.

Dari pelabuhan Dermaga Banjar Nyuh hanya sekitar 45 menit saja.

Angel’s Billabong dan Broken Beach bersebelahan

Bagaimana Cara ke Broken Beach?

Ada banyak cara untuk sampai ke pantai Broken Beach Nusa Penida namun Anda harus sampai dulu di pulau Nusa Penida. Anda bisa menggunakan fast boat dari Sanur ke Nusa Penida. Ada banyak pilihan jam keberangkatan mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore.

Selain dari Sanur bisa juga menggunakan kapal ferry dari Padang Bai tetapi ini lebih lambat sekitar 1,5 jam perjalanan di laut. Kebanyak wisatawan memilih menggunakan fast boat karena waktu menyeberang sekitar 30 menit saja.

Setibanya di Nusa Penida Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil dengan sopir, jasa tour atau pun sewa motor/mobil sendiri. Tenang jalan di Nusa Penida sekarang sudah bagus dan aman sehingga sewa motor bisa menjadi pilihan yang pas untuk berlibur di Nusa Penida. Hemat dan menyenangkan.

Cek harga sewa motor/mobil di link ini: https://penidabagus.com/rental/

Penida Bagus juga siap menyediakan tiket fast boat ke Nusa Penida. Klik di sini.

Misalnya dari pelabuhan Dermaga Banjar Nyuh ambillah jalur ke barat atau keluar dari pelabuhan ini ambil arah kanan. Ikuti saja jalur utama ini dan perhatikan petunjuk arah di setiap pertigaan maka Anda pasti sampai ke Broken Beach.

Anda juga bisa menggunakan google maps di sini. Saran kami silakan download offline maps google karena tidak semua tempat terjangkau oleh internet di pulau Nusa Penida.

Kapan Waktu Berkunjung Terbaik?

Dari dulu kebanyakan wisatawan yang berkungjung ke Nusa Penida memilih cara one day trip, artinya pagi datang sore balik ke Bali daratan. Padahal di Nusa Penida sendiri sekarang sudah ada banyak hotel mulai dari kelas budget hingga luxury class.

Jam kunjungan padat biasanya antara pukul 10 pagi hingga pukul 3 sore. Jadi jika Anda ingin lebih menikmati dan bersantai di Broken Beach Nusa Penida sebaiknya datang sekitar pukul 4 sore ke atas.

Selain itu, mengingat kondisi sekarang ini yang dimana-mana sepi maka Anda bisa berkunjung dengan santai kapan saja.

Aktivitas Apa yang Bisa Dilakukan di Broken Beach?

Trekking Sekitar Broken Beach

Untuk mengunjungi pantai Broken Beach terlebih dahulu Anda akan tiba di Angel’s Billabong dan dari sana Anda akan trekking santai melalui jalur yang sudah ditata dengan baik oleh pengelola wisata.

Jalur trekking sekitar 200 meter menyusuri tebing. Sepanjang jalan Anda bisa mendengarkan deburan ombak. Ada juga beberapa spot foto menarik di jalur ini.

Swafoto yang Mengesankan

Tentu hal ini sudah biasa dilakukan oleh para wisatawan namun di sini ada spot foto yang bagus tetapi jarang diketahui. Letaknya di ujung tebing setelah jembatan alami sehigga jembatan ini akan menjadi latar belakang foto Anda.

Cara mengambil angle fotonya juga cukup tricky tetapi bisa dilakukan dengan mudah. Terkadang wisatawan yang berfoto di lokasi ini menunggu momentum saat ombak menghantam tebing. Membuat foto Anda terlihat sangat mengagumkan.

Camping

Beberapa kelompok pelancong berjiwa petualang pernah melakukan camping di lokasi ini. Mereka bilang keindahan langit malam di Broken Beach sangat menakjubkan.

Prewedding

Sudah banyak pasangan yang membuat foto prewedding mereka di Brokeng Beach. Biasanya mereka menyukai lokasi di jembatan alami Broken Beach ini. Bahkan ada yang sengaja membuat foto prewedding saat tengah malam untuk menambah kesan dramatis.

Apakah Ada Restaurant di Broken Beach?

Sekarang sudah ada banyak restaurant sekitar pantai broken beach. Menu yang ditawarkan juga beragam tetapi yang paling umum adalah kelapa muda segar. Itu karena buah kelapa mudah ditemukan di lokasi ini dan karenanya sudah pasti dijamin segar.

Selain itu terkadang ada juga yang menyediakan ikan panggang segar hasil memancing di tebing Angel’s Billabong. Jika ada bianya mereka akan menggantung tanda sedia ikan panggang di depan restaurant.

Berapa Biaya Masuk Wisata Broken Beach?

Dulu biaya masuk wisata Broken Beach sebesar Rp. 5.000 per orang tetapi sekarang gratis untuk sementara sampai saatnya nanti pariwisata sudah pulih. Biaya masuk ini digunakan secara swadaya untuk membangun fasilitas jalan, parkir dan menjaga keasrian objek wisata.

Pertanyaan Lain yang Sering Ditanyakan

Bagaimana kondisi jalan ke Broken Beach?
Sejak tahun 2019 kondisi jalan sudah diperbaiki dan saat ini sudah sampai 90%. Hanya tinggal sekitar 2 km dari tempat parkir yang belum di aspal.

Apakah aman berkendara sendiri di Nusa Penida?
Aman, rute menuju Broken beach sangat mudah. Sepanjang perjalanan Anda akan melewati pemukiman masyarakat yang orangnya ramah-ramah. Jika Anda merasa tersesat silakan bertanya langsung ke penduduk maka mereka dengan senang hati menunjukkan jalan yang benar.

Apakah bisa berenang di pantai Broken Beach?
Jangan, Anda tidak bisa berenang di pantai ini. Walaupun namanya pantai tetapi pantainya berada jauh di bawah tebing dan tidak ada akses untuk turun ke sana.

Apakah boleh menerbangkan drone di Broken Beach?
Boleh, namun hati-hati dengan kecepatan anginnya. Ada banyak wisatawan yang mencoba menjalankan drone mereka melewati jembatan alami Broken Beach. Banyak yang berhasil tapi banyak juga yang gagal dan pada akhinya kehilangan drone mereka karena jatuh ke laut lepas dan tenggelam.

Tips Saat Liburan ke Broken Beach!

  • Gunakan sunblock dan kaca mata hitam karena di siang hari panas matahari sangat terik dan menyengat.
  • Gunakan sepatu atau sandal trekking
  • Jangan terlalu berdiri di pinggir tebing
  • Tidak boleh berkata kasar
  • Jika Anda menggunakan jasa tour minta lah sopir untuk membawa mobil dari parkir di Angel’s Billabong ke parkir di area Broken Beach supaya Anda tidak usah jalan balik ke Angel’s Billabong.

Semoga artikel tentang Broken Beach Nusa Penida ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk share dan lihat juga layaran tour kami lainnya.

Terimakasih!

Bagikan ke teman Anda
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on linkedin
Share on email

Destinasi wisata menarik lainnya

Manta rays Nusa Penida
Manta Bay
Raja Lima
Raja Lima
Rumah Pohon
Rumah Pohon
Diamond Beach
Diamond Beach
Atuh Beach
Atuh Beach
Crystal Bay
Crystal Bay

Peta Lokasi

Jarak dari pelabuhan: 17,5 km
Area: Barat

Rekomendasi Hotel

Song Cang Bungalow
Song Cang Bungalow
Harga mulai
Rp. 335.000
per malam
Sebuluh Sunset Hill
Sebuluh Sunset Hill
Harga mulai
Rp. 300.000
per malam

Rekomendasi Tour

Mix Tour Timur ke Barat
Mix Tour Timur ke Barat
Satu Hari
Rp. 398.000
Tour Timur
Tour Timur
Setengah hari
Rp. 279.000
Tour Barat
Tour Barat
Setengah Hari
Rp. 279.000