Kelingking Beach

Kelingking Beach
Bagikan ke teman Anda
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on linkedin
Share on email

Kelingking Beach Nusa Penida

Pantai yang sangat populer di Bali sepertinya bukan Kuta lagi tetapi berpindah ke sebuah pantai yang berada di Nusa Penida yaitu Kelingking beach. Nusa Penida sendiri masih bagian dari provinsi Bali namun terpisahkan oleh lautan. Untuk sampai ke pulau ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit menyebrang dengan kapal cepat atau fast boat.

Pemandangan yang disuguhkan oleh pantai Kelingking sangat mengagumkan. Tak ayal banyak wisatawan bahkan media-media travel besar pernah memajang pantai ini sebagai sampul depan mereka. Sampai saat ini pun pantai Kelingking menempati top things to do in Bali.

Apa yang bisa Anda nikmati di lokasi ini tergolong komplit. Pemandangan samudra biru luas dari atas tebing akan langsung memukau hati Anda. Pantai berpasir putih dengan laut biru jernih dari kejauhan tampak sangat menggoda. Jarak tangga menurun yang sedikit curam seketika terasa bukan apa-apa dibandingkan dengan keindahan pantai yang akan Anda nikmati di sana.

Sunset di lokasi ini juga menjadi favorit di kalangan wisatawan yang menginap di Nusa Penida. Tidak jarang wisatawan memimpikan untuk kembali mengunjungi pantai ini setelah pernah berkunjung sekali. Penida Bagus sendiri telah sering menerima tamu yang datang untuk kedua kali bahkan kelima kalinya. Semua hanya untuk menikmati kembali suasana pantai Kelingking. Terutama untuk menikmati keindahan sunset di sini.

Dimanakah Pantai Kelingking Beach?

Lokasi pantai Kelingking berada di kawasan barat dari Pulau Nusa Penida. Lebih tepatnya di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali – Indonesia. Sekitar 40 menit berkendara dengan sepeda motor atau mobil.

Karena berlokasi di sebelah barat inilah membuat pantai Kelingking mendapatkan pemandangan sunset yang indah. Selain itu patung Garuda Wisnu Kencana Bali bisa dilihat dari sini.

Bagaimana Cara ke Pantai Kelingking Beach?

Untuk sampai di pantai Kelingking terlebih dahulu Anda harus berada di Nusa Penida. Jika berangkat dari Bali maka bisa menggunakan kapal cepat / fast boat dari Pelabuhan Sanur menuju ke Pelabuhan Dermaga Banjar Nyuh Nusa Penida.

Pilihan pelabuhan lain dari Bali adalah pelabuhan Padang bai menggunakan kapal ferry dan pelabuhan Tribuana/Kusamba dengan menggunakan kapal cepat. Harga tiket menyebrang bervariasi di setiap pelabuhan.

Harga tiket fast boat dari Sanur ke Nusa Penida berkisar Rp. 75k/orang satu trip dan untuk PP harganya Rp. 150k.

Beli tiket fast boat klik di sini.

Dari pelabuhan di Nusa Penida Anda bisa menggunakan sewa motor, sewa mobil, ojek atau pun langsung mengambil paket tour. Saat ini tidak ada angkutan umum menuju objek-objek wisata di Nusa Penida. Waktu berkendara sekitar 40 menit.

Harga sewa motor matic di Nusa Penida mulai dari Rp. 60k/hari sedangkan harga tour mulai dari Rp. 300k/orang.

Cari rental mobil/motor silakan klik di sini.

Kondisi jalan saat ini sudah bagus sampai ke lokasi parkir. Sepanjang perjalanan Anda akan melewati pedesaan masyarakat lokal yang ramah. Tidak jarang Anda akan melihat anak-anak berjalan di pinggir jalan dan menyapa Anda dengan sapaan halo, welcome dengan senyum khas masyarakat pedesaan. Anda pun pasti akan senang melihat anak-anak ini.

Waktu Berkunjung Terbaik

Di tahun 2021 ini kunjungan ke pantai Kelingking tidak seramai tahun-tahun sebelumnya. Dahulu jam-jam siang mulai dari pukul 10:00 pagi sudah ramai dipadati oleh wisatawan. Untuk mendapatkan spot foto terbaik saja harus mengantri lama. Sekarang Anda bisa datang kapan saja sepanjang hari.

Jika Anda berencana turun ke bawah untuk ke area pantai sebaiknya dilakukan saat pagi atau siang hari supaya tidak kemalaman saat naik ke atas mengingat tidak ada penerangan di tangga pantai ini. Mungkin waktu terbaik sekitar pukul 15:00 turun ke bawah dan saat naik ke atas Anda bisa langusng menyaksikan matahari terbenam.

Anda bisa menikmati indahnya di pantai Kelingking di saat matahari . Penulis blog ini sangat suka bersantai menikmati matahari terbenam di sini. Pemandangannya sangat sangat indah.

Apa Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Kelingking?

Trekking menuruni tebing

Pantai Kelingking Nusa Penida berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya yang terbentang luas dan bisa langsung dicapai dari lokasi parkir. Di sini pantainya berada di bawah tebing. Inilah yang menjadi keindahan utama dan keunikan dari pantai Kelingking Nusa Penida.

Untuk mencapai pantainya Anda harus menuruni tebing sekitar 30 menit ke bawah. Namun, jangan kwatir karena sekarang sudah dibuatkan tangga permanen sehingga relatif lebih aman. Yang perlu diperhatikan adalah kondisi dalam keadaan fit karena selain harus menuruni tangga terik matahari juga bisa menguras tenaga.

Setelah sampai di pantainya rasa lelah Anda akan langsung terobati oleh indahnya pemandangan dan suara deburan ombak akan mengembalikan semangat Anda.

Banyak Spot Foto

Hampir semua sudut di pantai Kelingking bisa menjadi spot foto terbaik Anda. Beberapa lokasi juga sudah ditandai oleh penduduk setempat sebagai lokasi terbaik.

Tahun-tahun sebelumnya untuk berada di spot ini harus mengantrai panjang. Sekaranglah saatnya Anda mengunjungi Nusa Penida. Anda bisa bebas explorasi sendiri spot foto terbaik untuk foto Anda sendiri.

Seperti Kepala Dinosaurus

Banyak wisatawan merasa takjub ketika melihat punggung tebing di pantai Kelingking seperti kepala T-Rex atau dinosaurus di film animasi. Mereka rela menghabiskan waktu untuk menyaksikkan keindahan ini dan bahkan memutar-mutar menjadi spot foto terbaik untuk menjadikan kepala T-Rex sebagai background foto.

Ditambah lagi dengan buih-buih deburan ombak saat menghantam kepala tebing semakin menambah keindahan dari pantai Kelingking.

Banyak Restaurant dan Kelapa Muda Segar

Liburan di pantai Kelingking akan semakin lengkap dengan menikmati kelapa muda segar sambil memandangi keindahan samudra biru luas di depan mata. Hebatnya lagi kelapa muda ini langsung dipetik dari pohon kelapa di sekitar pantai Kelingking ini.

Restaurant di sekitar lokasi parkir juga menyediakan makanan khas pesisir pantai seperti ikan panggang segar dengan sambal matah (mentah). Dan lagi ikan panggang juga segar langsung dari nelayan lokal.

Biaya Masuk Wisata Pantai Kelingking Nusa Penida

Tahun sebelum 2020 masuk ke pantai kelingking dikenakan biaya Rp. 5000/orang tetapi sekarang sudah tidak dikenakan biaya masuk lagi alias gratis. Kami tentu akan segera update artikel ini saat nanti sudah dikenakan biaya masuk lagi.

Biaya masuk dikenakan untuk menjada kelestarian dan kebersihan lokasi wisata serta menyediakan lokasi parkir.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Bagaimana kondisi jalan ke pantai Kelingking Nusa Penida?
Mungkin Anda mendengan tentang kondisi jalan di Nusa Penida rusak dan berlubang, tenang itu dulu. Sekarang dari pelabuhan sampai lokasi parkir di Kelingkung sudah bagus, sudah mulus. Jadi, berkendara sendiri ke Pantai Kelingking sudah aman dan nyaman.

Apakah aman berkendara sendiri di Nusa Penida?
Saat ini hampir semua jalan menuju tempat wisata sudah diperbaiki dan dalam kondisi bagus jadi pastinya sudah lebih nyaman dan aman. Penduduk lokal juga ramah-ramah dan tingkat kriminalitas sangat rendah.

Apakah mudah mencari tempat makan di sekitar pantai Kelingking?
Iya, sekarang sudah banyak restaurant di sekitar lokasi parkir. Harga makanan juga sekarang sudah menyesuaikan.

Apakah berbahaya turun ke pantainya?
Iya dan tidak. Menjadi berbahaya jika Anda tidak hati-hati dan dalam kondisi tidak bugar. Demi keselamatan Anda sendiri sebaiknya jangan turun jika Anda tidak yakin.

Apakah di pantai Kelingking bisa berenang?
Sebaiknya jangan berenang di pantai ini karena ombaknya keras dan langsung menghantam ke tebing. Selain itu pantai ini berbentuk palung yang sangat dalam juga berbatasan langsung dengan samudra luas.

Apakah boleh menerbangkan drone di Kelingking beach?
Boleh. Perhatikan juga kecepatan angin di lokasi ini karena banyak wisatawan tidak dapat mengendalikan drone mereka saat angin bertiup kencang. Tidak sedikit drone berakhir di tebing-tebing pantai Kelingking.

Apakah sinyal telepon dan internet bagus di Nusa Penida?
Saat ini masih banyak lokasi tidak ada sinyal hape sama sekali jadi sebaiknya Anda download maps offline.

Tips Berwisata di Kelingking Beach!

  • Jika Anda berencana turun ke pantainya lebih baik menggunakan sepatu supaya lebih aman.
  • Gunakan juga kacamata sunblock karena terik matahari di sini cukup menyengat.
  • Bawa bekal yang cukup karena di bawah/pantai tidak ada yang berjualan.
  • Isi penuh baterai Anda karena di bawah tidak ada listrik.
  • Hindari musim hujan karena jalan turun ke pantainya bisa licin dan berbahaya.

Semoga artikel tentang Kelingking beach Nusa Penida ini bisa bermanfaat untuk Anda. Jika ada masukkan silakan langsung menghubungi kami di halaman kontak atau di wa: +62 823-3963-1478.

Terimakasih!

Bagikan ke teman Anda
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on linkedin
Share on email

Destinasi wisata menarik lainnya

Manta rays Nusa Penida
Manta Bay
Raja Lima
Raja Lima
Rumah Pohon
Rumah Pohon
Diamond Beach
Diamond Beach
Atuh Beach
Atuh Beach
Crystal Bay
Crystal Bay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Lokasi

Jarak dari pelabuhan: 15,2 km

Rekomendasi Hotel

JnJ Guest House
JnJ Guest House
Harga mulai
Rp. 160.000
per malam
Pradja Slumbung Villas
Pradja Slumbung Villas
Harga mulai
Rp. 250.000
per malam

Rekomendasi Tour

Mix Tour Timur ke Barat
Mix Tour Timur ke Barat
Satu Hari
Rp. 398.000
Tour Timur
Tour Timur
Setengah hari
Rp. 279.000
Tour Barat
Tour Barat
Setengah Hari
Rp. 279.000